Nama nama bagian rangka sepeda

Nama-nama bagian rangka sepeda yang menjadi penopang utama dari setiap komponen sepeda.

Head Tube
Adalah bagian depan rangka tempat dudukan garpu depan dan setang sepeda. Kemiringan dan panjang headtube akan mempengaruhi performa serta pengendalian sepeda.

Down Tube
Adalah palang bawah yang menghubungkan head tube dan chain stay. Top Tube Adalah besi palang atas tang menghubungkan antara dudukan sadel dan handle bar (stang). Top tube sepeda untuk cewek biasanya lebih rendah daripada sepeda pria.

Frame sepeda

Bottom Bracket
Adalah perangkat pada sepeda yang berfungsi menghubungkan crankset pada rangka sepeda dan memungkinkan crankset dapat berputar bebas.

Fork
Adalah garpu depan tempat dudukan roda. Garpu depan sepeda, ada yang pakai suspensi dan ada juga yang rigid tergantung kebutuhan penggunaan sepeda.

Dropout Depan
Adalah celah lubang pada garpu depan sebagai tempat dudukan as/poros roda agar roda mengunci dan tidak lepas. Dropout depan terdapat dua jenis yaitu type tertutup seperti pada sepeda motot dan type terbuka seperti yang umum di temui pada garpu sepeda.

Dropout Belakang
Adalah tempat dudukan as/poros roda belakang

Chainstay
Adalah besi palang yang menghubungkan bottom braket hingga ke as roda. Panjang chainstay akan berpengaruh terhadap posisi titik berat sepeda dan pengaruh terhadap kelincahan serta kestabilan.
Semakin panjang chainstay maka sepeda semakin stabil meminimalisir slip saat menikung namun kurang lincah, begitu juga sebaliknya.

Seat Stay
Adalah penopang roda belakang yang terhubung ke seat tube. Biasanya terhubung satu titik dengan top tube meskipun ada juga yang sedikit bergeser ke atas atau di bawah top tube.
Antara seat stay kanan dan kiri di perkuat oleh besi yang berfungsi juga sebagai dudukan rem single pivot.

Seat Post
Adalah tube penopang sadel yang salah satu ujungnya dimasukan ke selongsong di frame

Seat Tube
Adalah batang penopang duduk pengendara. Seat tube juga sebagai tempat di pasangkannya seat post.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter