Hal apa saja yang tidak boleh di tinggal dalam mobil

Dashboard mobil dan bagian interior mobil akan mudah panas saat parkir di bawah matahari.

Panas yang di hasilkan oleh interior mobil akan terperangkap dan tidak bisa keluar karena mobil didesain kedap. Meskipun tidak sampai kedap udara tapi interior mobil memang dirancang untuk dapat mengurangi kebisingan dari luar serta meredam polutan agar tidak masuk kedalam kabin saat mobil digunakan.

Makanya tak heran jika kita mencoba bertahan dalam mobil yang berhenti/parkir maka kita akan merasa pengap dan sulit bernapas.

Itulah sebabnya kenapa ada hal-hal yang tidak boleh ditinggalkan dalam mobil yang sedang parkir. Apa sajakah itu?

1. Anak

Jangan pernah sekali-kali kepikiran untuk meninggalkan anak sendirian di dalam mobil. Sudah banyak kejadian korban meninggal di dalam mobil, tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang jadi korban keracunan gas karbondioksida yang masuk kedalam kabin mobil. Jadi, jangan pernah meninggalkan anak anda sendirian didalam mobil tanpa pengawasan.

Karena alasan tidak mau ribet, hanya sebentar, atau tidak mau mengganggu tidurnya maka terkadang orang tua meninggalkan anaknya di dalam mobil, parkir dalam kondisi mesin menyala agar AC tetap nyala dengan harapan sang anak bisa tidur dengan nyenyak di dalam mobil. Kadangkalal kita hanya berencana parkir sebentar saja, tapi kita tidak tahu kendala-kendala yang mungkin dihadapi sehingga kita meninggalkan mobil lebih lama dari rencana semula

2. Barang Elek-tronik

Hape, laptop, mp3 player, powerbank dan semacamnya rentan terhadap suhu panas. karena berada dalam mobil yang terparkir peralatan elektronik tersebut mungkin saja akan terpapar panas dan berumur pendek jika terlalu sering berada pada suhu panas. Lagipula, meninggalkan perangkat elektronik di dalam mobil bisa mengundang tangan jahil yang ingin mengambilnya dengan paksa.

3. Makanan atau Bahan Makanan

Meninggalkan mobil ditempat parkir seperti ikan di bagasi rasanya sebuah langkah yang kurang bijak. Ketika anda kembali ke mobil, aroma ikan dari bagasi akan menyeruak dan mengacaukan indra penciuman anda.

Bagitu juga dengan bahan makanan lain seperti sayuran yang akan mudah layu didalam bagasi. Aroma rasanya mungkin juga akan berubah. Makanan jadi pun yang tersimpan dan tertinggal dalam mobil akan beraroma kurang sedap dan akan kurang sedap rasanya.

4. Hewan Peliharaan

Saat membawa hewan peliharaan dan harus parkir di suatu tempat. Mungkin anda akan berpikiran untuk meninggalkan hewan peliharaan dalam mobil. Pertimbangkanlah kembali untuk tetap membawanya serta. Meninggalkannya dalam mobil adalah suatu kesalahan karena hewan peliharaan akan mati lemas tanpa disadari. Opsi membuka sedikit kaca jendela agar terjadi sirkulasi udara pun malah akan mengundang tangan jahil mengutak atik atau bahkan membawa kabur mobil anda.

5. Korek Api

Suhu panas dalam kabin mobil ketika di parkir akan membuat gas yang menjadi bahan bakar korek api bereaksi dan mungkin akan meledak.

6. Barang Berharga

Tas / dompet biasa yang tampak berharga meskipun tidak ada isinya. Mungkin akan menggoda tangan jahil untuk mengambilnya. Meskipun isi dalam tas hanya popok bayi tapi kalau tasnya kelihatan mewah dan bermerk sebaiknya disimpan dengan aman atau bawa serta sekalian.

7. Obat-Obatan

Suhu panas dalam mobil akan menurunkan khasiat obat. Umumnya, anjuran penyimpanan obat adalah di kisaran suhu kamar yaitu antara 25-30 derajat, sedangkan suhu dalam mobil saat diparkir bisa lebih dari itu.

8. Air Mineral

Kita seringkali bepergian dengan mobil tak lupa membawa air mineral. Kita juga seringkali meninggalkan air mineral didalam mobil saat sedang parkir. Tapi ternyata hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena botol air mineral dapat bereaksi terhadap panas dan berdampak kurang baik terhadap air yang ditampungnya. Lagi-lagi ini berhubungan dengan suhu tinggi dalam mobil yang melebihi toleransi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter