Buat sendiri alat bantu untuk pasang tutup shock depan Mio

Buat sendiri alat bantu untuk pasang tutup shock depan Mio agar mempermudah saat memperbaiki shock depan Mio meskipun dengan alat seadanya.

Servis motor sendiri bisa jadi aktifitas menyenangkan saat senggang. Ketika libur atau pas lagi menghadapi pandemi yang memaksa mengurangi aktifitas di luar rumah, bisa membuat bosan karena tidak ada kerjaan.

Daripada gabut bingung mau ngapain, mendingan memperbaiki masalah yang dihadapi motor.

Salah satu masalah pada motor adalah suspensinya yang mulai menurun performanya.
Karena faktor umur yang membuatnya tidak bisa meredam kejut seperti saat masih baru, kemungkinan per shock minta ganti.

Tantangan terbesar saat mereparasi shock depan seperti punyan-nya Tamaha Mio GT adalah saat memasang penutup shock bagian atas.

Shock depan mio ditutup dengan bahan berbentuk bulat pejal sesuai diameter shock dan dikunci dengan ring kecil.

Membuka dan memasang penutup seperti ini lebih sulit dari pada tutup shock type drat.

Bahkan dengan bantuan seseorang untuk menekan penutupnya agar kita bisa memasang ring nya pun tetap merepotkan.

Memang sebenarnya ada alat khusus untuk menahan penutup shock mio gt ini. Tapi tidak semua orang punya, hanya bengkel khusus motor saja yang punya. Soalnya alatnya tidak umum dan fungsinya tidak banyak sehingga orang malas mengoleksinya.

Bandingkan dengan kunci 10, 12, 14, semua yang suka oprek motor pasti punya. Dan fungsinya banyak, bukan cuma buat motor saja tapi buat sepeda, mobil, dan peralatan apapun yang pakai baut, bisa memanfaatkan kunci ini.

Oke, kembali lagi ke persoalan buka pasang tutup shock depan mio tadi.

Untuk memudahkan pemasangan tutup shock depan, kita bisa membuat alat bantu sederhana untuk memasang tutup shock depan mio ini.

1. Alat bantu pasang tutup shock Type Pertama


Siapkan bahan kayu, baut berulir kasar ukuran 12 atau 10 yang panjang sekitar 5 cm, lalu tali jemuran secukupnya. Untuk baut sebenarnya bisa diganti dengan paku kalau ada. Tapi sepertinya sulit untuk mendapatkan paku dengan panjang 5 cm, jadi pakai baut saja.

Buat lubang di kayu untuk menancapkan baut, kira-kira jarak sepertiga dari ujung kayu. Bisa pakai bantuan bor atau di lubangi pelan-pelan pakai paku.

Kalau sudah berlubang, tancapkan baut yang sudah disiapkan tadi.

Untuk cara penggunaannya, kaitkan salah satu ujung kayu ke tali yang sudah di selipkan pada segitiga bawah tempat dudukan shock. Kemudian posisikan baut pada tutup shock yang akan dipasang.

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada ilustrasi gambar dibawah ini.
Prinsip dasarnya adalah menggunakan sistem pengungkit, dimana baut sebagai titik tumpu dan tali sebagai beban. Sementara panah biru adalah gaya yang di berikan.
alat memasang tutup shock depan mio

2. Alat bantu pasang tutup shock Type Kedua

Alat bantu type kedua ini juga amat sangat sederhana sekali. Kita hanya butuh kayu balok kecil dan paku yang panjangnya kira-kira 2-3 inchi.

Nanti pakunya di pasang kekayu dengan jarak kira-kira 5 cm dari ujung kayu.

shock mio

Nah.. cara pakainya kira-kira seperti gambar dibawah ini. Kalau yang type pertama tadi, posisi kayunya berada diatas dudukan klakson, kali ini menopang di palang dudukan klakson.

shock mio

Kurang lebih seperti ini sistem kerjanya, ujung kayu yang dekat dengan paku diarahkan dibawah besi dudukan klakson.

Paku diarahkan tepat diatas tutup shock, kemudian ujung kayu satunya di tekan untuk mendorong tutup shock masuk kedalam tabung shock sehingga ring penguncinya bisa dilepas/dipasang dengan mudah. Prinsipnya pakai sistem pengungkit.

shock mio

Bagaimana? Bisa di mengerti kan!

Jadi kayu yang ada pakunya tadi di posisikan sedemikian rupa sehingga paku tadi dapat mendorong tutup shock breaker.

Saat tutup shockbreaker terdorong masuk, anda bisa memasang ring penguncinya dengan mudah.

Ini bisa dikerjakan sendiri tapi akan lebih mudah kalau ada yang bantu pegang kayunya. Tapi pasang tutup shock depan mio dengan cara ini lebih mudah karena teman anda tidak perlu tenaga ekstra untuk menekan kayunya, lain kalau tanpa alat bantu. Apalagi kalau per shock sudah diganjal baut ala-ala preload adjuster seperti punya saya ini, akan sangat sulit kalau dipasang tanpa alat bantu walaupun dikerjakan dua orang.

shock mio

Begitulah kira-kira informasi tentang bagaimana membuat alat bantu sederhana untuk memasang penutup shock depan MIO GT.

Memang penutup shock seperti mio gt ini agak sulit bongkar pasangnya kalau tidak dibekali peralatan yang memadai. Tapi kalau mau beli alatnya-pun, rasanya kok mikir-mikir karena pakainya cuma sekali-kali harganya juga lumayan. Meskipun tidak sampai 100 ribu tapi kalau keuangan lagi seret, mikir-mikir juga. Mau bikin sendiri dari besi, tetap juga harus ke tukang las.

Beda dengan penutup shock type ulir yang tinggal diputar pakai kunci L, asalkan ulirnya sudah saling berkait, maka memasangnya pun mudah.

Semoga alat bantu untuk pasang tutup shock depan mio ini bisa menjadi referensi bagi anda dari sekian banyak kemungkinan metode yang bisa di gunakan dengan prinsip hemat biaya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter