Cara darurat yang paling ampuh mengatasi mio mogok mendadak

Cara mengatasi motor mio yang mogok mendadak karena hilang kompresi tanpa membuka busi.

Motor Mio biasanya tiba-tiba mogok mendadak tanpa sebab.

Saat di starter, seperti hilang kompresi, tidak ada tekanan balik ketika starter kaki di selah.

Kalau begini, solusi umumnya adalah dengan membuka busi dan memasukan oli kedalam ruang bakar atau membiarkan motor beberapa saat hingga benar-benar dingin.

Namun cara ini butuh peralatan ekstra seperti selang, obeng, dan kunci busi.

Dan juga harus membuka tutup mesin bagian depan.

Prosesnya agak sedikit repot dan merepotkan.

Menunggu motor sampai dingin pun terkadang tidak membuahkan hasil, alias motor tetap mogok.

Solusi darurat yang paling ampuh dan cepat adalah dengan mencampur oli samping ke tangki bensin mio.

Jadi jika motor mio anda sudah pernah mengalami kondisi mogok mendadak karena hilang kompresi, sebaiknya anda melakukan antisipasi dengan mempersiapkan penangkal darurat.

Karena biasanya, kalau mio sudah pernah mogok mendadak seperti ini maka suatu saat nanti akan mogok mendadak lagi. Kecuali kalau sudah diperbaiki sumber permasalahannya.

Permasalahannya kalau untuk memperbaikinya perlu ke bengkel dan melakukan servis besar yang biayanya lumayan.

Jadi kalau belum sempat servis, siapkan penangkalnya yaitu oli samping khusus motor 2-Tak yang di masukan kedalam botol kecil untuk di bawa kedalam bagasi.
Oli samping untuk mio
Pengaplikasiannya, ketika motor mio tiba-tiba mogok, campurkan oli samping ke dalam tangki bensin dan goyang-goyang motor agar oli bercampur. Selanjutnya coba nyalakan motor dengan starter kaki. Biasanya dalam percobaan 3 - 5 pancalan, motor sudah bisa nyala lagi.

Jadi tidak perlu buka busi untuk isi oli ke ruang bakar. Cukup pakai cara darurat yang praktis dan simpel namun manjur dan mujarab ini, motor mio yang mogok mendadak bisa hidup kembali.

Tenang saja, oli samping di desain untuk mudah terbakar habis, jadi tidak akan meninggalkan kerak di ruang bakar. Apalagi biasanya di sebuah oli samping telah di tambahkan addictive yang dapat membantu membuat ruang bakar tetap bersih.

Harga oli samping khusus 2-Tak cukup murah. Bisa didapat dengan harga antara 15-25 ribu. Beli yang murah-murah saja, yang ukuran 800 ml. Nanti sisanya bisa disimpan. Atau kalau punya teman yang pakai motor 2-Tak bolehlah minta sedikit, sebanyak botol minuman vitamin C, atau botol energy drink. Kalau gak boleh minta, tukar segelas kopi di warung juga gpp, hehehe.

Setelah Mio yang mogok mendadak tadi bisa nyala lagi, ingat-ingat kembali kapan terakhir kali anda mengganti oli mesin. Mungkin sudah waktunya mampir ke bengkel untuk ganti oli mesin.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter