Cara mainstream mempercepat Koneksi Internet Android

Cara cara mainstream mempercepat internet di android, metode mana yang kamu pakai?

Kehidupan sekarang ini sudah melekat erat dengan yang namanya internet. Banyak hal positif yang dapat diambil dari dunia internet meskipun juga tidak menutup kemungkinan akan hal hal negatif yang juga ada didalamnya.

Terlepas dari itu, internet sudah masuk dalam anggaran pengeluaran rutin bulanan bagi pengguna ponsel.

Kadangkala paket internet bisa menjadi pengeluaran tak terduga, semisal ketika terjadi pandemi beberapa waktu yang lalu dan memaksa kita untuk work from home dan atau juga belajar dari rumah bagi pelajar.

Semuanya membutuhkan kuota besar dan banyak untuk dapat ikut meeting secara daring. Dan yang terpenting lagi adalah soal kecepatannya.

Kan tidak mau kalau pas meeting daring tiba-tiba loading. Bisa-bisa malah ketinggalan materi.

Oleh karena itu, metode metode mempercepat koneksi internet perlu dilakukan meskipun dengan cara sederhana agar aktifitas daring, browsing, chating, gaming bisa lancar bebas hambatan.

 internet

Cara cara mainstream mempercepat Koneksi Internet di Android antara lain:

MENGAKTIFKAN DATA SAVER  

Data saver bisa diaktifkan untuk mempersingkat waktu loading sebuah halaman website. Meskipun sejatinya data saver lebih ke menghemat kuota, tapi pengaktifan data saver juga bisa berakibat pada kecepatan internet yang meningkat.


MENUTUP APLIKASI DI BACKGROUND 

Kita tahu kalau aplikasi android bisa tetap berjalan di balik layar. Dan umumnya, aplikasi-aplikasi android ini selali terhubung ke internet dengan berbagai alasan. Semua aplikasi yang berjalan di background akan minta jatah bandwith yang meskipun tidak banyak tapi bisa mempengaruhi kecepatan internet dibaplikasi utama yang sedang dijalankan.


MENGAKTIFKAN AD-BLOCKER

Ini tergantung kebijaksanaan masing-masing pengguna ponsel. Jika anda merasa terganggu dengan banyaknya iklan yang berseliweran saat anda browsing atau membuka sebuah halaman web, maka anda bisa mengaktifkan ad-blocker. Kenyataannya, banyak website yang mendapat penghasilan dari iklan yang terpasang. Rasanya kurang bijak jika anda memblokir iklan di sebuah website sementara anda mendapat pengetahuan baru dari website tersebut.

Jadi kalau iklannya tidak kebanyakan, yaa biarkan saja syukur-syukur kalau mau ngeklik hehehe. Tapi kalau iklannya kebanyakan, yaa tinggalkan saja, cari web lain atau aktifkan ad-blocker sebagai opsi terakhir.


MEMBERSIHKAN CACHE 

Pada dasarnya, cache dapat mempercepat loading sebuah website ketika anda mengunjunginya kembali suatu waktu kedepan. Begitu juga cache yang disimpan oleh sebuah aplikasi.

Tapi jika cache sudah mulai banyak dan menumpuk malah dapat mengganggu kinerja ponsel dan menghambat kecepatan internet.

Anda bisa membersihkan chace setiap aplikasi satu persatu secara berkala atau menggunakan aplikasi khusus (seperti clean master, speed booster, nox cleaner, dll) yang bisa menjadwal otomatis kapan harus membersihkan data chace di android.
 

MENGGUNAKAN VPN 

VPN (virtuaL private network) sering digunakan banyak orang sebagai solusi ketika ingin membuka website yang di blokir.

Tapi VPN tidak berfungsi untuk itu saja namun bisa juga dimanfaatkan untuk mempercepat koneksi internet. Aplikasi VPN dapat diunduh di playstore baik yang gratis maupun berbayar.

Namun diharapkan agar selalu tetap hati-hati saat menggunakan VPN, khususnya yang gratisan. Sebaiknya hindari menggunakannya untuk mengakses web yang betsifat personal seperti membuka email atau melakukan transaksi m-banking. Saat menggunakan aplikasi VPN gratisan, gunakanlah untuk mengakses halaman umum yang tidak membutuhkan akses login dan password. VPN dan SSH bisa membantu anda mempercepat koneksi internet.


Dari cara cara mainstream diatas. Metode mana yang biasa anda terapkan dan apakah benar benar efektif. Silahkan bagikan cerita ini kepada rekan anda agat mereka mendapat inspirasi cara mempercepat internet yang banyak di terapkan oleh orang orang.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter