Kelebihan dan kekurangan bahan kain polycotton

Bahan kain polycotton adalah perpaduan dari bahan polyester dan katun.

Polyester merupakan produk sampingan dari hasil olahan minyak bumi. Polyester ini mirip-mirip dengan serat yang di pakai untuk produksi bahan plastik namun teksturnya lebih halus.

Makanya tak heran jika bahan polycotton jika terbakar reaksinya seperti plastik dibakar, menghitam dan berbau plastik.

Jenis kain yang aslinya bernama double hycon ini memiliki karakter yang halus dan lembut.

Karena karakternya tersebut, bahan ini banyak digunakan untuk membuat gaun wanita seperti gamis, dress, blouse atau hijab. Bahan ini memberi nuansa halus dan jatuh saat digunakan.

Kelebihan bahan kain Polycotton
♔ Lebih jatuh. Sangat cocok untuk bahan gamis, hijab, gaun yang tampak indah bila menjuntai lurus kebawah menampilkan desain motif pakaian. 

♔ Tidak panas. Kombinasi tambahan bahan cotton (katun) memberi dampak pada sifat kain yang menjadi lebih dingin.

♔ Tahan air meskipun di rendam lama, struktur serat kain bahan polycotton tidak mudah berubah.

Tidak mudah berjamur. Pada dasarnya bahan cotton tidak tahan terhadap jamur namun ketika di kombinasikan dengan polyester maka terciptalah bahan kain yang tidak mudah berjamur.

Kekurangan bahan kain Polycotton
Campuran bahan polyester ke bahan katun membuat kain menjadi Kurang bisa menyerap keringat. Walaupun bahan dasar katunnya bisa menyerap keringat dengan baik tapi kelebihan ini menjadi berkurang setelah di campur dengan polyester. Oleh karena itu, polycotton lebih banyak digunakan untuk membuat gaun wanita yang penggunaannya tidak banyak beraktifitas berat yang mengundang keringat. Dimana-mana kalau seorang wanita menggunakan gaun maka gerakannya akan lemah lembut gemulai menyesuaikan dengan pakaian yang digunakan, yaa gak.

Mudah bau karena bahan ini kurang dapat menyerap keringat. Jadi kalau dipakai lama dengan aktifitas yang padat dan banyak berkeringat maka akan menempel di kain yang jadi penyebab bau kurang sedap.

Kain ini Mudah kusut meskipun juga mudah di setrika. Ketika kain ini terjepit ketika pemakainya duduk atau bersandar dikursi maka mudah sekali meninggalkan bekas lipatan garisan di kain.

Itulah kelebihan dan kekurangan bahan kain pollycotton. Penggunaan bahan kain harus disesuaikan dengan karakter kain tersebut. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter