Komponen motor yang akan cepat rusak bila sering terjemur matahari

Komponen motor akan lebih cepat mengalami kerusakan bila sering terjemur matahari

Menjadikan sepeda motor sebagai alat transportasi merupakan pilihan yang banyak diambil oleh masyarakat kita.

Dengan sepeda motor, kita lebih leluasa berpindah dari satu titik ke titik lainnya dengan lebih cepat dibanding jika naik mobil atau kendaraan umum.

Ketika sampai di suatu tempat, biasanya kita harus menarkirkan motor di tempat yang sudah disediakan.

Tempat parkir umum khusus motor biasanya tidak memiliki atap atau peneduh yang layak. Sehingga motor akan kepanasan atau kehujanan selama di parkir. Dan bahkan bisa saja motor kebanjiran

Motor yang terlalu sering atau terlalu lama terjemur matahari akan mengalami kerusakan di beberapa komponennya.

Memang tidak serta merta langsung rusak, tapi komponen berikut ini akan lebih cepat rusak jika sering terjemur matahari.

1. JOK
Jok motor akan terpapar langsung dengan sinar matahari sehingga membuat elatisitasnya menurun dan kemudian getas dan pecah. Lama kelamaan lapisan jok motor akan sobek dan minta ganti.

2. BODI
Bodi motor dilapisi cat dan atriping warna warni untuk memperindah tampilannya. Jika terlalu sering berjemur, cat akan mudah kusam dan bahan bodi motor pun mulai getas sehingga mudah patah.

3. RANTAI
Untuk motor yang masih menggunakan penggerak rantai, berjemur terlalu sering dibawah matahari akan membuat pelumaa rantai mengering sehingga mengyrangi umur pakai rantai karena gesekan dengan gir secara langaung tanpa lapisan pelumas yang baik.

4. BAN
Ban kendaraan bermotor terbuat dari bahan karet yang bisa terpengaruh akibat panas matahari. Ban bisa saja akan cepat getas dan akhirnya retak-retak di beberapa bagiannya.

Komponen motor yang akan cepat rusak bila sering terjemur matahari

Itulah komponen motor yang akan cepat rusak jika aering terjemur matahari saat parkir.

Kadang saya suka berpikir kalau motor-motor yang berada di daerah dingin seperti Malang atau Bandung, tingkat ke-awetan-nya lebih baik daripada motor yang berada di kawasan bercuaca panas seperti Surabaya, Makassar atau daerah Indonesia Timur yang kondisi cuacanya relatif lebih Panas. Apalagi kalau daerah pesisir pantai.

Memang perawatan motor tidak hanya tentang servis rutin di Beres (bengkel resmi), tapi perlakuakn selama pemakaian juga mempengaruhi umur komponen motor.

Oleh karenanya, alangkah baiknya jika memilih tempat parkir yang ada atapnya atau kalau memang tidak memungkinkan dan harus parkir dalam wakru lama dibawah terik matahari maka sebaiknya menyediakan cover motor untuk penutup saat parkir. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter