Cara Memperbaiki Setrika yang tidak panas

Cara memperbaiki setrika yang tidak panas karena kawat elemen pemanasnya putus.

Setrika kadangkala mengalami kerusakan yang menjadi penyebab tidak panas meskipun sudah ditunggu sekian lama setrika tak kunjung panas juga.

Mengatasi kawat elemen pemanas setrika yang putus bisa saja dengan mengganti elemen pemanasnya dan harganya tidak terlalu mahal. Tapi itu kalau kita hidup di kota besar yang serba ada. 

Kalau kebetulan tinggal di daerah yang agak jauh dari kota, dan harus beli elemen pemanas setrika yang harganya tidak sebanding dengan biaya transport ke kota, kayaknya musti pikir-pikir lagi yaa. 

Untuk mengatasi kawat elemen setrika yang putus, bisa sedikit diakali. Namun ini agak beresiko, jadi jika anda tidak yakin dengan cara ini sebaiknya tidak usah di praktekkan, cukup jadikan referensi saja.

Oke mari kita mulai memperbaiki setrika yang tidak bisa panas dikarenakan kawat elemen pemanasnya putus.

Kawat elemen pemanas setrika putus

Pertama siapkan alat dan bahan yaitu obeng, tang, dan kabel tembaga.

Memperbaiki setrika yang tidak panas

Kemudian bongkar terlebih dahulu setrikanya, disini kasusnya terjadi pada setrika punyanya Panasonic type SN.....

Membongkar setrika sebenarnya mudah, hanya ada satu baut yang tersembunyi yang kadang tidak kelihatan atau membuat kita kesulitan membuka setrika.

Seperti pada setrika Panasonic ini, salah satu baut tertutup pelapis kabel yang menjadi engsel di setrika.

Jadi, lepas terlebih dahulu karet pelapis kabel yang menempel di setrika, lalu akan terlihat baut yang mengunci tutup atas setrika.

Perbaikan setrika tidak panas

Setelah baut ini terlepas dan tutup atas setrika dibuka maka proses membongkar selanjutnya akan lebih mudah karena semua bautnya sudah kelihatan.

Setelah setrika terbongkar dan terlihat kawat elemen pemanasnya yang putus, anda bisa mulai berkreasi untuk menyambungnya dengan kawat tembaga dari kabel listrik.

Lilitkan kawat tembaga sedemikian rupa dan jepit menggunakan tang agar kawat tembaga terikat kuat ke kawat elemen pemanas setrika.

Kawat pemanas setrika putus

Perhatikan posisi dan kondisi kawat tembaga, jangan sampai menyentuh bagian lain dari setrika yang bisa jadi membuat aliran listrik tersentuh pemakainya. 

Jadi setelah dililit kuat, rapikan posisinya agar tidak mengkhawatirkan dan pastikan benar-benar kuat agar tidak longgar atau lepas saat nanti digunakan.

Sekali lagi, perbaikan ini sangat beresiko, jika anda tidak yakin bisa mengerjakannya, sebaiknya bawa ke tukang servis atau beli elemen pemanas yang baru atau beli setrika baru sekalian, hehehe.

Setelah selesai, jangan lupa untuk mencobanya terlebih dahulu sebelum setrika di rakit kembali.

Putar knob setelan tingkat panas setrika lalu colokan kabel setrika ke listrik. Jika berhasil, rakit kembali setrika ke kondisi semula.

Kawat pemanas setrika

Saat merakit setrika, perhatikan posisi knob pengatur tingkat panas. Sesuaikan posisi knob yang ada di casing setrika dengan posisi stelan panas yang ada di setrika.

Setelah di perbaiki seperti ini, kemungkinan derajat panas seterika akan sedikit menurun. Kalau misal biasanya sampai 140 derajat, mungkin akan sedikit turun jadi 130 derajat saja.

Begitulah cara memperbaiki setrika yang tidak bisa panas karena kawat elemen pemanasnya putus. Sebenarnya banyak penyebab kenapa setrika tidak panas, salah satunya yaa elemen pemanas yang putus ini.

Sedangkan elemen pemanas ini, pada beberapa type setrika, bisa diganti. tapi ada juga yang menyatu dengan alas setrika sehingga tidak bisa diganti. 

Kalau yang elemen pemanasnya bisa diganti, maka tinggal belikan penggantinya dan pasang, beres.

Semoga cara darurat ini bisa mengatasi setrika anda yang tak kunjung panas meskipun sudah di colok berjam-jam. Tapi cara ini mungkin beresiko, jadi sebaiknya anda harus hati-hati saat memperbaiki setrika. 

Jikapun anda ingin mencoba memperbaiki sendiri setrika yang tidak panas karena kawat elemen pemanasnya putus, please do it with your own risk, semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter