Perbedaan Hibernate dan Sleep

Perbedaan hibernate dan sleep kadangkala agak membingungkan karena kalau ingat Beruang yang memiliki siklus Hibernate dalam hidupnya. Saat proses hibernate, biasanya Beruang tidur. Nah sedangkan Sleep artinya juga tidur.

Jadi, apa sebenarnya maksud dan tujuan diadakannya menu Hibernate dan Sleep di komputer Windows?

Di kompiter windows kita sering kali menemukan menu hibernate, sleep, shut down, restart dan atau log off saat mengklik logo windows di pojok kiri bawah.


Meskipun tidak menemukannya disitu, anda pasti sudah sering ketemu menu menu tersebut saat mengoperasikan komputet windows.

Kalau menu shut down kita pasti sudah paham apa gunanya, begitu juga menu restart.

Shut down untuk perintah mematikan komputer sedangkan restart untuk memulai ulang komputer.

Nah hibernate dan sleep ini kadang bikin kita agak bingung, apa bedanya?

HIBERNATE

Adalah kondisi dimana komputer akan off tapi tetap siaga, tidak sampai mati total. Masih dalam posisi antara hidup dan mati, tapi minim konsumsi power.

Posisi hibernate diperlukan ketika kita harus meninggalkan komputer sementara waktu untuk istirahat makan siang atau mengerjakan hal lainnya tapi tidak ingin mematikam komputer karena suatu waktu membutuhkannya, kita tudak ingin menunggu lama untuk proaes booting komputer.

Jadi saat hibernate komputer akan istirahat, layar monitor mati , hardisk off, prosesor standby namun software yang berjalan akan tetap terbuka. Jadi misalnya anda sedang bekerja dengan MS. Word dan meninggalkan komputer pada posisi hibernate, maka MS. Word yang anda buka akan tetapp berjalan ketika anda membangunkan komputer anda nantinya.

Untuk membangunkan komputer dari kondiaisi hibernate anda harus menekan tombol power. Maka Windows akan meresume kondisi terakhir saat anda menyuruhnya untuk hibernasi. Anda akan perlu memasukan password jika anda mensettingnya menggunakan password.


SLEEP

Adalah kondisi dimana komputer akan betada pada kondisi standby dan siap digunakan sewaktu-waktu. Pada kondisi sleep semua program yang dijalnkana akan tetap terbuka. Jadi ketika anda membangunkannya, iya akan siap digunakan.

Pada kondisi sleep layar akan mati, hardisk tetap siaga ditandai lampu indikator berkedip kedip konstan dan terdengar suara dari dalam CPU. Untuk membangunkannya anda hanya perlu menekan sembarang tombol di keyboard atau mengklik mouse.

Sama seperti hibernate, Anda akan langsung singgah di welcome screen untik mengisi pasword, sesuai bagaimana anda menyetingnya.

Perbedaan Hibernate dan Sleep

Setelah mengetahui fungsi Hibernate dan Sleep, anda bisa memanfaatkannya saat sedang beraktifitas dengan komputer atau laptop. 

Jadi misalnya mau kekamar kecil sebentar, bisa suruh komputer / Laptop untuk Sleep sejenak tapi kalau agak lama misalnya kepingin makan siang, maka bisa perintahkan laptop/komputer untuk hibernate.

Hal ini berguna untuk memberi kesempatan laptop/komputer beristirahat selama tidak digunakan.

Aktifitas Hibernate dan Sleep bisa di setting otomatis melalui management power atau setting menu screen saver. Anda bisa mengatur berapa menit komputer/laptop hibernate dan sleep setelah beberapa saat tidak digunakan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter