Tips memperlakukan helm sepeda agar awet

Merawat helm agar awet dan tetap nyaman ketika digunakan bersepeda.

Penyimpanan, perawatan dan perlakuan yang baik terhadap helm bisa membuatnya awet.

Tips memperlakukan perawatan helm sepeda agar awet.

PENYIMPANAN
Simpanlah helm di tempat teduh dengan suhu ruangan. Kalau ada tas khususnya, sebaiknya simpan helm dalam tasnya tersebut. jangan menyimpan helm di dalam garasi yang biasanya bersuhu panas karena kurang ventilasi untuk sirkulasi udara.

Kadang kita juga suka lupa menyimpan helm di bagasi. Sebenarnya hal ini kurang baik untuk keawetan helm.

Termasuk juga menyimpan helm dalam tas ransel. Keringat yang menempel di helm bisa jadi sumber tumbuhnya jamur yang akan merusak lapisan dalam helm. Cara menyimpan helm dengan benar merupakan salah satu perawatan helm sepeda yang kadang terlupakan.


PENCUCIAN
Saat harus membersihkan helm, gunakan bahan lembut dan tidak berpotensi merusak helm. Cuci helm menggunakan sabun dan spon. Hindari bahan berkarakter keras seperti alkohol atau bahkan bensin untuk menghilangkan noda di helm.


MENGERINGKAN HELM
Perawatan pada helm sepeda selanjutnya adalah, Hindari menjemur helm di panas matahari langsung. Kadangkala saat bersepeda, keringat bercucuran membasahi helm atau pengaruh cuaca yang tak bisa diprediksi. Bisa tiba-tiba hujan dan terpaksa harus dikeringkan. 

Mengeringkan helm yang paling mudah, cepat dan praktis adalah menjemurnya di bawah matahari. Ada baiknya langkah ini dihindari. Jemur helm di teras yang tidak terkena matahari langsung agar helm tidak kusam dan kekuatannya menurun karena menjadi getas.
Helm sepeda
Ada baiknya untuk tidak meminjamkan helm kepada orang lain. Kadang kita merasa kurang enak kalau teman gowes pinjam helm. 

Tapi kita tidak bisa tau apa yang terjadi dengan helm kita selama dipinjam. Apakah sempat terjatuh, terjemur, terbentur. Kadang peminjam, tidak menjaga barang pinjamannya seperti pemiliknya.

Mungkin juga ukuran kepala berbeda-beda. Bisa jadi, ukuran kepala kawan gowes kita agak lebih besar sehingga saat helm di kembalikan, ukurannya sudah melar.

Yaa anggap saja helm kita itu seperti underware yang tidak bisa dipinjamkan ke orang lain.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter