Tips mempromosikan usaha di zaman serba online

Memperkenalkan produk baru atau sebuah usaha yang baru saja kita rintis membutuhkan kerja ekstra agar produk/usaha kita dikenal luas dan berkembang sebagaimana layaknya sebuah usaha.

Penerapan strategi praktis dan tepat sasaran akan membantu mempercepat brand awarness terhadap produk kita
Promosi online

Beberapa langkah langkah berikut ini dapat di jadikan referensi untuk memperkenalkan atau mempromosikan usaha kita.

1. Jika usaha anda menjual makanan atau ber-tema-kan kuliner dan memiliki booth, kios, warung, cafe atau semacamnya untuk keperluan validasi alamat, daftarkan booth anda di aplikasi ojol seperti Grab, Gojek, Maxim atau ojol lainnya yang populer di tempat anda.

Ini bisa membantu mempromosikan usaha anda.

2. Foto. Dokumentasikan produk anda kedalam bentuk gambar yang fotogenic, eyecatching dan menggugah minat calon konsumen.

Upload ke sosial media seperti instagram, twitter atau facebook. Kadangkala instagram lebih potensial dijadikan tempat promo produk dengan konten foto menarik.

Foto produk bisa dibuat dengan tema serius, unik atau nyeleneh untuk memancing rasa ingin tau calon konsumen terhadap produk anda.

Tapi tetap selalu ingat untuk tidak memancing kontroversi dan tidak memberikan foto yang tidak sesuai ekspektasi.

Misalnya kalau jual makanan sejenis roti atau kue-kuean, di gambar display foto ukurannya tampak besar tapi kenyataannya tidak.

Kita ingin produk jualan kita diminati orang, bukan dihujat orang. Meskipun ada juga yang menerapkan metode viral dijalur hitam, tapi harus didukung manejemen konflik yang baik agar berakhir manis (closing/transaksi pembelian). Dan brand awarnes tercapai tapi tidak memberi kesan buruk ke konsumen khususnya para netijen.

3. Beri caption pada gambar yang diunggah ke sosmed dengan kalimat yang memancing rasa, rasa ingin tahu, rasa penasaran, rasa ingin mencoba, rasa tertarik, dan menggugah perasaan yang memancing emosi produktif dan menghasilkan closing yang menguntungkan.

Kalau tidak punya ide caption menarik, bisa kutip dari para pesohor yang masih relevan dengan produk anda.

4. Beri alamat yang jelas, kontak yang bisa dihubungi dan detail tentang metode transaksi yang bisa di support oleh anda.

Kalau ada alamat lengkap akan lebih baik, namun kadangkala karena lokasinya agak sulit dijangkau, kita agak dilema untuk memberi alamat jelas. Misalnya kita hanya menjalankan bisnis online skala rumahan dari sebuah apartement yang ada dilantai 10.

Akan menyulitkan jikapun calon konsumen ingin akses langsung ke produk kita yang ingin di belinya.

Penjelasan dengan bahasa santun dan mudah dimengerti sangat penting untuk meningkatkan closing penjualan dengan situasi dan kondisi yang kurang memadai.

Jangan sampai konsumen kecewa dan tidak jadi beli hanya karena dia tidak bisa mengakses langsung produk anda secara offline.

5. Jelaskan produk anda secara singkat dan jelas. Pahami lah bahwa tidak semua orang suka membaca penjelasan/informasi yang berbelit. Karena ini bukan karya ilmiah, jadi, buat jelas, singkat padat. 

Pada prakteknya, deskripsi produk bisa di buat sejelas mungkin atau sengawur mungkin.
Menu unik
Sekarang jamannya serba viral, banyak para netizen mencari konten yang akan di viralkan. Anda bisa mencoba strategi marketing ini. Tapi hati-hati jangan sampai salah langkah, bisa-bisa produk anda dihujat para netijen yang budiman.

6. Manfaatkan ojol untuk membantu proses pengiriman barang ke tempat konsumen.

Layanan ojek online bisa membantu memudahkan proses pengiriman barang ke konsumen.

Anda tidak perlu memikirkan soal pengantaran, tinggal pesan saja Gosend atau Grab Delivery untuk mengantarkan jualan anda ke konsumen.

Jika usaha anda mulai ramai dan omsetnya lumayan, jangan segan-segan memberi tip kepada driver ojol yang sudah membantu melancarkan usaha anda. Meskipun gak banyak, 2000, 3000 bolehlah atau kalau kebetulan ramai banget bisalah ngasih tip sekali-kali 5000, 10000, jangan lupab juga kasih rating bintang 5 dan komen positif saat orderan selesai diantarkan. Yaa.. hitung-hitung sebagai tanda terima kasih.


Berjualan online sangat memudahkan kita untuk tetap produktif disaat pembatasan aktifitas di berlakukan karena adanya pandemi misalnya.

Semoga cara-cara diatas bisa menjadi sumber inspirasi dan dapat menghadirkan ide brilian yang selama ini terpendam di dalam ruang bawah sadar anda dalam menjalankan sebuah bisnis online.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter