Cara mendapatkan sinyal yang kuat di ponsel

Kekuatan sinyal di ponsel akan mempengaruhi aktifitas komunikasi dan keperluan lainnya saat menggunakan ponsel.

Namun, kualitas sinyal yang diterima oleh ponsel kadangkala tidak sesuai harapan karena sangat lemah dan megap-megap alias hilang-hilang.

Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan sinyal yang kuat di ponsel.

Beberapa metode mungkin membutuhkan biaya dan usaha ekstra untuk mendapatkan sinyal kuat di ponsel. Namun cara cara berikut ini akan sangat mudah dilakukan dan diterapkan untuk mendapatkan sinyal yang kuat di ponsel.
Cara mendapatkan sinyal yang kuat di ponsel
1. Buka jendela dan pintu
Jika anda menggunakan ponsel diruangan tertutup maka anda perlu membuka jendela dan mungkin juga pintu agar sinyal seluler dapat merambat masuk keruangan anda dengan mudah. Dan akan lebih baik jika anda nongkromg didekat jendela atau pintu yang terkoneksi dengan dunia luar.

2. Hindari Kerumunan
Kerumunan orang yang sama-sama menggunakan ponsel akan membuat bandwith terbagi. Satu ponsel mungkin akan dominan menerima sinyal karena memiliki spek dewa. Sedangkan ponsel anda akan terseok-seok mengais sinyal karena speknya lebih rendah.

Kalau begini, ada baiknya anda mengambil tempat agak jauh dari kerumunan alias jaga jarak agar mendapatkan sinyal yang kuat di ponsel.

3. Cari Tempat Tinggi
Cara ini adalah yang paling sering dilakukan untuk mendapatkan sinyal yang kuat di ponsel.

Kita sering sekali mendapati seseorang yang mengangkat-angkat ponselnya diatas kepala untuk meraih sinyal seluler.

Pergi ketempat yang lebih tinggi adalah solusi mudah untuk mendapay sinyal kuat tapi jangan juga sampai manjat tower BTS.

4. Charge Ponsel
Ketika ponsel mencari sinyal, ia akan membutuhkan banyak energi. Mungkin saja baterai anda sudah low dan masuk ke mode hemat yang membatasi segala hal yang menguras baterai termasuk aktifitas mencari jaringan.

5. Matikan Aplikasi
Aplikasi yang tidak di gunakan akan tetal aktif di belakang layar dan menyedot sedikit bandwith. Dari sedikit bandwith ini jika diserap oleh banyak aplikasi maka akan lumayan terasa.

Oleh karenanya ada baiknya matikan dahulu aplikasi yang tidak di perlukan.


Sinyal seluler bisa di pengaruhi oleh beberapa kondisi lingkungan dan perangkat. Sama halnya juga dengan sinyal wifi yang dapat terpengaruh oleh beberapa hal.

Jadi saat merasa kondisi sinyal melemah, periksa sekitar apakah memang posisi anda tidak memungkinkan untuk mendapat sinyal maksimal.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter