Memperbaiki tombol power Samsung Galaxy Tab 3 yang sudah rusak

Handphone jaman sekarang memang di desain dengan jumlah tombol fisik yang minimalis. Seperti Samsung Galaxy Tab 3 yang hanya di bekali 4 buah tombol fisik yaitu tombol power, Volume up and down dan tombol Home.

Tombol yang paling sering mengalami kerusakan pada ponsel android adalah tombol power yang biasanya disertai dengan errornya tombol volume.

Gejala yang dialami biasanya tidak hanya kesulitan saatingin menghidupkan/mematikan handphone, tapi kerusakan tombol power pada ponsel android seperti Samsung Galaxy Tab 3 juga berakibat baterai ponsel menjadi cepat habis seakan-akan sudah drop.

Jadi jika anda memiliki ponsel yang sudah lumayan berumur dan baterainya cepat sekali habis seakan sudah drop, coba periksa terlebih dahulu tombol power dan volumenya, apakah terasa sudah lecek dan sulit di tekan. Kalau iya, kemungkinan masalahnya ada di tombol fisiknya, bukan karena baterainya.

Seperti Tablet Galaxy saya ini, baterainya cepat sekali habis dan kadang ketika akan dinyalakan, rasanya sulit sekali menemukan posisi penekanan yang pas pada tombol powernya agar handphone bisa menyala.

Ditekan kuat, gak mau nyala, ditekan lembut pun malah gak nyala juga. Maunya ditekan dengan tenaga yang sedang-sedang saja dengan sambil diurut-urut. Pokonya perjuangan banget lah untuk menghidupkannya.

Akhirnya disimpulkan bahwa kemungkinan tombol powernya bermasalah dan mungkin minta ganti. Tak heran memang, karena handphone samsung galaxy tab 3 ini sudah lumayan berumur.tombol power samsung galaxy tab 3Mengganti tombol power Samsung Galaxy Tab 3 yang sudah rusak harus dimulai dengan membuka casing handphone samsung galaxy tab 3 tersebut. 

Tidak perlu peralatan berat untuk membuka casing samsung galaxy tab 3, hanya perlu ujung kuku dan atau  bantuan mika Kartu SIM, atau mungkin pick gitar untuk membantu mencungkil casing bagian belakang Samsung Galaxy Tab 3 ini.melepas casing samsung galaxy tab 3Tapi gunakan mika kartu SIM yang besar, jangan seperti contoh gambar dibawah ini karena tidak akan kuat.Tombol power samsung galaxy tab 3Saat membuka casing belakang handphone ini, mungkin anda akan terkecoh dengan desain bentuk casing belakangnya dan salah posisi mencungkilnya, karena di bagian belakangnya ada ornamen garis yang tampak seperti sambungan casing.Tombol power samsung galaxy tab 3Setelah casing belakang terbuka, anda langsung bisa menemukan dan memperbaiki tombol power samsung galaxy tab 3 yang bergandengan dengan tombol volume.Tombol power samsung galaxy tab 3Tombol ini bisa dilepas dengan tangan kosong. Lepas terlebih dahulu soket nya secara perlahan kemudian lepas rangkaian tombol power dan volume dari dudukannya. "Mereka" ini hanya tertempel dengan isolasi "double tip", jadi sebisa mungkin jangan sampai merusak isolasinya, agar anda tidak perlu mengganti isolasinya.Tombol power samsung galaxy tab 3Tombol power pengganti handphone samsung galaxy tab 3 banyak tersedia di pasaran dan rentang harganya pun beragam. Apalagi kalau lihat di marketplace alias olshop yang banyak sekali menjual ondersil handphone dengan harga yang kadang membingungkan. Ada yang harganya hanya 10-20 ribu tapi ada juga yang menjual dengan harga 50-70 ribu, padahal produknya sama, foto display-nya pun sama, jadi bingung.

Kalau begini, Anda bisa membeli yang murah kalau pas memiliki dana terbatas. Setidaknya kalau pun nanti ternyata tombol berharga murah tersebut tidak awet, manggantinya pun tidak sulit. Tombol power samsung galaxy tab 3Setelah tombol power Samsung Galaxy Tab 3 diganti, berdampak pada daya tahan baterai yang kembali normal.

Mungkin saat tombol power nya rusak, ada koneksi singkat alias konslet yang membebani baterai sehingga cepat habis.

Begitulah kawan, cara memperbaiki tombol power Samsung Galaxy Tab 3 yang sudah rusak. Sebenanrnya sih bukan Memperbaiki yaa, mungkin lebih tepatnya mengganti tombol power Samsung Tab 3 yang rusak. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter