Mengatasi oli rembes di mesin mobil Avanza

Mengatasi oli rembes di mesin Avanza. Paling benci kalau lihat mesin ada rembesan olinya, apalagi kalau oli mesin sampai menetes ke lantai saat mobil diparkir. Ingin rasanya langsung mencoba mengatasi oli rembes dimesin ini.

Memang kalau melihat mesin mobil avanza penuh oli disana-sini, rasanya seperti ada yang salah dengan mesin mobil ini.

Setelah dianalisa dengam bantuan Google Search, akhirnya dapat disimpulkan bahwa penyebab mesin avanza berlumuran oli adalah karena seal o-ring rumah saringan oli kemungkinan sudah tidak mampu lagi menahan aliran olo di dalamnya sehingga merembes keluar.

Dan asal muasal kenapa dari sumber sekecil itu bisa menyebabkan hampir seluruh bagian mesin berlumuran oli adalah karena pengaruh hembusan angin saat mobil digunakan.

Jadi, selama mesin hidup, kipas akan menyala. Nah, hembusan kipas ini memiliki andil menyebarkan oli yang merembes dari rumah saringan oli sehingga berceceran keseluruh bagian mesin.

Ditambah lagi ketika mobil berjalan, maka oli yang menyusup keluar dari dalam mesin akan semakin menyebar tidak karuan dan akhirnya sebagian besar bagian mesin terlapisi oli.

Lalu bagaimana mengatasi oli rembes di mesin yang berasal dari rumah saringan oli avanza.

Cara mengatasinya sangatlah mudah yaitu dengan mengganti seal o-ring yang kondisinya mungkin sudah keras-getas dan sudah tidak memenuhi standart sebagai sealer fluida cair.

Pekerjaan mengganti seal rumah saringan oli tampaknya sepele tapi lumayan ribet karena posisinya terhalang oleh kompresor AC dan engine mounting.
filter oli avanza
Jika anda berniat mengganti sendiri seal o-ring saringan oli Avanza, sebaiknya anda menyediakan peralatan lengkap atau setidaknya satu set kunci shok. Kalaupun tidak punya satu set kunci sok, sebaiknya anda menyediakan kunci sok ukuran 12 mm. Bisa pinjam tetangga atau membuat "kreasi" sendiri. Karena beberapa posisi baut yang harus dibuka, sangat sulit dijangkau dengan kunci ring.

Sebenarnya, tidak banyak peralatan kunci-kunci yang harus disiapkan untuk mengatasi oli rembes di mesin dengan mengganti o-ring rumah filter oli Avanza. Tercatat, kita hanya perlu kunci 10, 12, dan 17 dan dongkrak untuk dijadikan "peralatan tempur".

Urutan proses mengganti seal o-ring rumah filter oli avanza dimulai dari melepas belalai saluran udara yang menuju ke saringan udara, kita perlu kunci 10 untuk keperluan ini. Sebenarnya ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan target utama yaitu rumah saringan oli, tapi perlu dibuka untuk membuat area kerja lebih leluasa. Lepas juga selang dari radiator ke recevoir. Lagi- lagi ini sifatnya opsional, tujuannya hanya untuk ruang gerak agar lebih leluasa.

Selanjutnya melepas kompresor AC yang di ikat oleh 4 buah baut ukuran 12 mm. Baut dudukannya saja yang dilepas, selang-selang yang terhubung dengan kompresor tidak perlu dilepas.
kompresor avanza
Hati-hati saat melepas kompresor AC, karena ada adaptor berupa besi pejal di balik kompresor AC tersebut, kalau sampai jatuh dan kena kaki, lumanyun juga rasanya. Perhatikan juga jalur fan-belt jangan sampai salah ketika memasangnya nanti. Jadi sebaiknya V-belt nya tidak usah dilepas dari rangkaiannya, cukup keluarkan dari kompresor AC saja.
v belt avanza
Setelah kompresor AC terlepas, posisikan dimana sekiranya tidak mengganggu pergerakan anda bekerja.
kompresor ac avanza
Kemudian, proses selanjutnya adalah melepas engine mounting. Tapi sebelumnya, dongkrak mesin terlebih dahulu. Posisi mendongkrak bisa di bagian wadah oli mesin tapi beri lapisan papan agar bak oli mesin tidak penyok atau rusak.
dongkrak mesin
Baut engine mounting ada 4 buah di bagian yang menempel dimesin ukuran 12 mm. Lalu satu buah baut 17 di bagian chasis. Anda perlu juga melepas terlebih dahulu plat besi yang menghubungkan mesin dengan knalpot menggunakan kunci 12.
baut knalpot
Setelah semua baut terlepas, mungkin anda akan sedikit kesulitan mengeluarkan engine mounting dari posisinya. Agar ruang gerak terbuka, lepas saringan oli, lalu dongkrak mesin agar naik lebih tinggi hingga engine mounting bisa dikeluarkan dari baut yang ada di chasis.

Setelah engine mointing terlepas, barulah kita ketemu dengan rumah saringan oli.

Lepas dua buah baut penahan rumah saringan oli dengan kunci 12.

Nah akhirnya ketemu penyakitnya. Ternyata karet seal o-ringnya sudah getas dan gepeng. Pantas saja oli mudah menyusup keluar dari sela-selanya.

Langsung saja ganti dengan yang baru. Kemudian pasang kembali.
seal filter oli avanza
Sebelum memasang kembali, bolehlah istirahat dulu sambil ngopi, ehh iya lupa, tadi kan belum sempat bikin kopi. Yaa sudah, mlongo saja sambil atur napas untuk melanjutkan perjuangan merakit kembali komponen mobil Avanza yang sudah dilepas tadi.

Pasang karet o-ring baru pada posisinya, beri sedikit sealent untuk memaksimalkan kinerjanya. Tipis-tipis saja, di bagian sisi luar o-ring, jangan sampai meluber kemana-mana yang malah menyumbat saluran oli.

Setelah itu, pasang kembali semua komponen yang dilepas sesuai urutannya, jangan sampai ada yang lupa.
part avanza
Dimulai dari memasang rumah saringan oli, lalu di lanjut kan memasang engine mounting. Kemudian jangan lupa plat besi dudukan knalpot dengan mesin.

Kemudian memasang kompresor AC. Karena kompresor AC harus dikaitkan dengan V-belt, jadi baut pengikatnya jangan di kencangkan dulu. Dimasukan saja dan di kencangkan secukupnya dengan tangan. Kalau semua baut pengikat kompresor AC sudah terpasang, pasangkan v-belt ke pully kompresor AC.

Karena kita tidak melepas tensionernya, jadi mungkin akan sedikit kesulitan memasang v-belt ini. Jadi caranya, kaitkan v-belt ke pully kompresor AC sebisanya, lalu putar poros engkol pakai kunci 17, hingga v-belt masuk sempurna ke pully kompresor AC.

Setelah memasang v-belt, kencangkan baut pengikat kompresor AC.

Selanjutnya pasang kembali selang saluran udara dan selang radiator ke recevoir.

Terakhir, pasang saringan oli pada posisinya. Kencangkan secukupnya, pakai tangan saja.

Periksa kembali semua komponen apakah terpasang dengan baik dan benar.

Periksa peralatan, kain lap yang digunakan, jangan sampai ada yang tertinggal di sekitar mesin mobil.

Periksa kapasitas oli mesin, mungkin berkurang karena saat melepas rumah saringan oli, ada sedikit oli yang tumpah keluar.

Jika sudah yakin semuanya okey, bisa coba tes nyalakan mesin mobil dan lihat hasilnya.

Itulah cara mengatasi oli rembes di mesin yang berasal dari rumah saringan oli.

Pekerjaan ini sebenarnya tampak sepele tapi lumayan butuh waktu dan menguras tenaga. Apalagi untuk membuka baut yang posisinya agak sulit dijangkau sehingga kadang harus masuk ke kolong mobil.

Jadi, sekarang anda memiliki dua opsi ketika menemukan oli mesin rembes karena seal o-ring rumah saringan oli rusak.

Opsi pertama, mengerjakan sendiri yang lebih hemat biaya tapi menguras tenaga atau opsi kedua, menyerahkan kepada ahlinya dan tau beres, tinggal bayar ongkos kerja yang mungkin berkisar 200-500 ribu tergantung lokasi.

Setidaknya anda bisa mengkalkulasi apakah akan dikerjakan sendiri dengan setok peralatan yang ada atau menyerahkan ke bengkel saja.

Ketika saya mencoba mengganti sendiri seal o-ring rumah saringan oli ini awalnya hanya bermodal aneka kunci ring, utamanya kunci ukuran 10, 12, dan 17.

Kunci 10 untuk melepas belalai saluran udara, kemudian kunci 12 untuk melepas kompresor AC, plat yang menempel di knalpot dan engine mounting yang menempel di mesin. Lalu kunci 17 untuk melepas baut engine mounting yang menempel di chasis.

Ternyata cukup sulit untuk melepas beberapa baut dengan kunci ring, khususnya baut engine mounting. Selain keras, posisinya juga cukup sulit.

Akhirnya diputuskan menggunakan kunci shock. Tapi karena tidak punya kunci shock set, akhirnya diputuskan untuk membuat custom kunci shock.

Karena harga kunci shock set lumayan mahal, jadi beli kepalanya saja yang ukuran 12 lalu di las dengan besi untuk dijadikan tangkainya.
kunci custom
Ini bisa lebih mempermudah pekerjaan membuka dan mengencangkan baut yang posisinya yang agak sulit dijangkau oleh kunci ring.

Yaa kadangkala kalau memperbaiki kendaraan dengan alat seadanya seperti ini harus kreatif. Sama seperti ketika mencoba memperbaiki shock depan mio dengan alat seadanya.

Rembesan oli di mesin bisa berasal dari mana saja, salah satunya adalah dari rumah saringan oli.

Jika anda ingin mencoba memperbaiki sendiri permasalahan rembesan oli di meain mobil anda, sebaiknya pastikan terlebih dahulu yaa, darimana sumber rembesan berasal.

Bersihkan terlebih dahulu sisa-sisa oli yang menempel di mesin dengan menggunakan bensin agar bisa ketahuan asal muasal oli tersebut.

Jangan nanti sudah terlanjur membuka rumah saringan oli, ehh ternyata bukan dari situ sumber permasalahannya. Kan jadi sia-sia tenaga dan waktunya.

Dari kasus saya kali ini, oli mesin avanza mengalir cukup lumayan banyak saat mesin mulai dihidupkan, dan ketika mobil parkir setelah digunakan maka akan banyak tetesan oli yang mengotori lantai.

Demikianlah sedikit informasi tentang bagaimama mengatasi kebocoran oli pada mesin mobil Avanza yang disebabkan oleh seal o-ring di rumah filter oli yang sudah tidak elastis lagi sehingga tidak mampu menahan tekanan oli mesin. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter