Sengsaranya ganti V-Belt motor Beat dengan alat seadanya

Kalau dapat motor bermasalah seperti harus ganti V-Belt motor Beat, rasanya jiwa mekanik ku meronta-ronta. Namun semangat untuk memperbaiki sendiri, kadang terkendala oleh perkakas yang tidak lengkap.

Seperti ketika mendapati motor Honda Beat yang mengalami putus van belt.

Ingin hati memperbaikinya dan meng ganti v-belt motor beat sendiri tapi peralatan tidak lengkap, utamanya kunci 22 untuk membuka pully primer.

Kunci ukuran 22 ini termasuk barang langka yang gak umum dan jarang digunakan. Bahkan koleksi kunci roda mobil pun tidak menyentuh angka 22.

Kebetulan saya punya kunci roda mobil yang model palang dan ternyata ukurannya adalah 17, 19, 21 dan 23. Dan kunci Shock set yang ternyata ukurannya pun tidak sampai angka 22.

Weleh-weleh, kok bisa kebetulan banget yaa, perlu kunci 22 hlah kok pas terlewati. Padahal harapan besar di letakan pada kunci roda mobil ini.

Sementara koleksi kunci ring yang saya punya hanya mentok sampai ukuran 19 saja.

ganti V-Belt motor Beat

 Setelah berusaha mencari kesana kemari, mengacak-acak gudang perkakas, ndilalah ketemu kepala kunci shock 22, Kepalanya saja.

Sedikit menemukan secercah harapan untuk bisa memperbaiki sendiri van belt motor Honda Beat yang putus ternyata harus terbentur kenyataan bahwa saya tidak punya gagang kunci shock nya.

Opsi nya ada dua, yaitu membeli gagang khusus untuk kunci shock atau mengelas besi langsung ke kepala kunci shock untuk dijadikan gagangnya. seperti harus membuat kunci 12 shock ketika mengganti seal rumah filter oli avanza beberapa waktu yang lalu.

Setelah dipikir-pikir, opsi pertama tidak masuk list karena bisa menyebabkan over budget, kemudian opsi kedua pun rasanya kurang sreg, masak mau dilas lagi, melas banget.

Akhirnya pakai opsi ketiga yang tidak sempat terpikirkan sebelumnya yaitu pakai gagang obeng ketok dan nanti di putar pakai kunci pipa.

Ide ini sepertinya cukup spektakuler karena saya tidak perlu keluar biaya untuk belanja peralatan tambahan dan atau biaya untuk ongkos ngelas.

Meskipun sebenarnya biaya jasa ngelasnya tidak seberapa tapi nyari besi yang cocok untuk dilas sebagai gagangnya yang agak memakan waktu.

Kebetulan juga saya punya simpanan obeng ketok yang sudah lumayan berkarat karena jarang digunakan. Bisalah digunakan untuk membantu proses ganti vanbelt motor Beat yang sudah putus.

Proses membukanya tidak sempat didokumentasikan karena mengerjakan sambil mendokumentasikan cukup memakan waktu dan karena membuka pully primer dengan alat yang tidak tepat, sangat sulit, sehingga lupa poto-poto. Lagipula kalau kebanyakan poto-poto, nanti kerjaan utamanya malah gak selesai-selesai, kasihan yang punya motor nungguin. :)

Ganti v-belt Honda Beat sangat mudah, tinggal buka tutup CVT pakai kunci T8 atau kunci shock 8 mm lalu buka pully primer.

ganti V-Belt motor Beat

Perhatikan pada sisi depan box CVT, ada plastik penutup yang harus dilepas kan terlebih dahulu karena ada baut pengikat CVT yang tertutup olehnya.

ganti V-Belt motor Beat

Idealnya, membuka pully primer harus dengan bantuan traker, tapi kalau modelan mekanik kagetan macam saya, mana mungkin punya traker untuk kerja beginian. Hlah wong traker magnet aja gak punya.

Traker itu adalah salah satu tool khusus, jadi tidak semua orang berniat memilikinya meskipun berjiwa mekanik sekalipun, kecuali kalau memang orang bengkel atau memang berprofesi sebagai mekanik. Karena selain harganya mahal, fungsinya pun terbatas, yaa gak sih?

Jadi solusinya, pakai metode ganjal mengganjal. Banyak tutorial di internet tentang posisi mengganjal pully primer Honda Beat untuk membuka bautnya.

ganti V-Belt motor Beat

Setelah posisi pully sudah tidak dapat berputar lagi karena sudah diganjal baut, maka mulai upaya membuka baut pengikatnya dengan alat yang tidak layak yaitu mata kunci shock 22 yang dipasangkan ke gagang obeng ketok dan di putar pakai kunci pipa.

ganti V-Belt motor Beat

Gambar diatas hanyalah ilustrasi, karena tidak sempat di dokumentasikan sewaktu di "TKP" :)

Bagaimana? Anda bisa membayangkan effort yang harus dikeluarkan untuk membuka baut pully primer dengan cara ini? Its hard gaes. Bukan hanya soal kerasnya, namun juga karena ada rasa khawatir kalau misalnya kunci pipa yang menggigit ujung obeng ketok ini mrusut atau hilang kendali trus kena kaki, begh lumayan bikin grogi, :)

ganti V-Belt motor Beat

Meskipun sebenarnya kunci pipa ini, jika posisinya benar, maka sewaktu di tekan, ia akan semakin "menggigit". tapi tetap saja khawatir kalau-kalau mbleset.

Di beberapa bengkel, mungkin tidak semuanya, membuka dan memasang mur pengunci pully primer seperti ini biasanya menggunakan alat yang bernama impact wrench. Jadi benar-benar kencang, sehingga sulit dibuka dengan metode manual yang tidak ideal.

ganti V-Belt motor Beat

Kalau pakai tools yang benar, seperti kunci ring 22 atau kunci shock, mungkin tidak akan sulit melepas ini, tapi dengan alat seadanya, tingkat kesulitannya meningkat dan lumayan bikin sengsara.

Semoga informasi ini bisa memberikan anda sedikit insight ketika harus membongkar sendiri motor Honda Beat yang CVT-nya perlu untuk ganti van belt motor beat yang putus, meskipun memang agak sengsara kalau kerja memperbaiki motor tanpa peralatan yang memadai.

ganti V-Belt motor Beat

Mengganti V-Belt motor Beat tidak lah sulit, hanya memang harus mempersiapkan peralatan yang lengkap agar kejadiannya tidak seperti saya ini atau yang pernah juga saya alami saat mencoba memperbaiki shock depan Yamaha Mio GT dengan alat sedanya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter